Senin, 21 November 2011

Istana Cipanas nun jauh dimata

waktu gue SMP, kalo ga salah tahun 2008 gitu, gue dipilih sama orang dinas buat ngikut lomba ke Bandung. tau ga cerita menyedihkan dibalik lomba ini. baiklah, siapkan telinga anda. nama lombanya, Festival Budaya Melayu, sama seperti biasa, gue ikut lomba lukis, mulai dari tingkat kota, sampai ke tingkat provinsi. jadi setelah gue nyampe di tingkat provinsi, gue dikalahin sama anak daerah yang gambarnya terlalu 'abstrak' menurut gue (bukan abstrak saking seninya, tapi abstrak yang ga dapat gue mengerti sama sekali) walaupun gue bukan orang seni, tapi gue mengertilah sedikit sedikit tentang lomba lukis ini, kan ada temanya, jadi gue ngerti gambar yang sesuai tema itu kaya gimana. jadi, jurinya itu ada 3 orang, satu diantaranya adalah juri utama. dan akhirnya dalem lomba itu gue harus puas di posisi kedua, dan dia di posisi pertama. gue yang waktu itu masih cengeng banget, langsung ga mau maju ke depan waktu pengumuman karena gue nangis di pelukan mamah.

akhirnya dengan bujukan Pak Musdar (orang dinas yang cerewet banget, tapi dengan kecerewetannya kontingen Riau selalu berhasil dibawah kepemimpinannya) gue memberanikan diri maju dengan air mata yang masih mengalir di pipi gue. tentu aja, semua orang protes dong, yang juara 1 itu ga sesuai dengan tema, trus katanya ga bisa kalo gambar itu dibawa tanding ke tingkat nasional, yang pada waktu itu nasionalnya di.. ntah Surabaya ntah di Makassar. di Makassar kalo engga salah. otomatis, bukan gue nyombong, orang dinas juga sampe ngeluarin kata kata kasar ke jurinya , karna belain gue yang seharusnya pada waktu itu juara 1, karna menurut mereka, ditahun itu, gue yang 'megang', soalnya senior gue kak nisa udah SMA, dia orang yang belum pernah gue kalahin, senior sih hehe. trus orang dinas juga udah yakin soalnya pas SD nya gue udah berhasil di Bali, walaupun cuma manedapat peringkat 5 seIndonesia. "apa yang kurang?dimana salah anak kami Debby?" itu kata mereka. tapi juri utama itu dengan tersenyum sombong bilang (gue masih inget itu juri langsung naikin kepala nya pas bicara, itu sombong kan?) "keputusan juri tidak dapat diganggu gugat!" . tambah hancur dong hati gue, tapi gue tegar tegarkan hati gue waktu berdiri disamping si Juara 1 ini. dan akhirnya karena semua orang udah ribut karna ga terima gue juara 2, pak Musdar langsung teriak, "KONTINGEN RIAU PULANG SEMUANYA! ACARANYA GAK BERES!"  gue pun pulang.
 
besoknya gue langsung ke dinas kota untuk ngambil hadiah, dan orang dinas langsung menyemangati gue untuk tidak down, rasanya seneng banget. ternyata masih ada lomba lagi, lomba di Istana Kepresidenan Cipanas, Jawa Barat. dan gue yang dipilih untuk mewakili acara tersebut. semangat gue ada lagi, karena sebenernya yang dipilih itu adalah juara 1 provinsi, tapi karna orang Riau tidak mengakui si Juara 1 tadi, gue lah yang dipilih. usut punya usut, kan gue cerita tadi jurinya ada 3 orang, satu diantaranya adalah juri utama, ternyata, 2 juri lain udah milih gambar gue yang jadi juara 1, sementara juri utama milih gambar si anak juara 1 tersebut, tau ga sih yang bikin kesel itu apaan, itu juri ternyata bapaknya si anak juara 1, pantesan! ada kkn ternyata.  -_-" yah pasrah aja, mungkin emang rejeki si anak juara 1 itu kali -__- .
 
tibalah hari yang dinantikan, gue berangkat ke jawa barat, itu pertama kalinya mamah ngasih kepercayaan ke gue untuk terbang sendirian (sebenernya ga sendirian juga sih, ada orang dinas yang nemenin gue, tapi tetep aja takut, tapi karna mamah bilang anak smp itu ga ditemenin lagi, gue mantepin hati gue sadaaaaap)
gue lomba, ke Istana Cipanas, kagum banget! liat SBY dari deket, ah aroma parfumnya, cara dia bicara, cara dia nanyain gambar gue, "ini Debby (sambil liat nametag gue, gamungkin banget dia kenal sama gue) kamu gambar apa nak?" dengan bibir gemetaran gue jawab pertanyaan dia, gue jelasin semua gambar gue dengan penuh semangat. dan eng ing eng, gambar gue ga siap -__- waktunya cuma sepeempat jam entah 1 jam gue lupa, sementara kertas yang dikasih itu gede banget, kertas karton 1 kayu, ditambah lagi gue terlalu lama bicara sama beliau waktu lomba, gue ga siap. nangis pastilah, tapi gue ga sedih sedih banget sih, banyak yang ga siap soalnya hehe -__-. dan waktu pengumuman, of course gue ga juara. jadi gue tanyain jurinya, mau liat gambar semua peserta, ternyata yang menang itu memang yang bener bener siap, mereka asal asalan ngebuat yang penting siap cuma 5 orang dai 33 peserta, panitianya juga sih, ngasih waktu dikit banget, tau gitu kan gue juga asal asalan buatnya asal siap, gue tumpahin aja cat air gue ke semua kertas trus gue tempel telapak tangan gue banyak banyak dan jadilah karya seni! yang penting siap kan? haha -___- gue ga kepikiran sih, saking terpesonanya sama SBY -___-

adek gue nomer 2, atika juga kepilih buat ikutan acara tersebut, tapi di Istana Bogor, adek gue yang ketiga juga Hafiz juga diistana Bogor, berhasil dapet juara 2! aduh seneng minta ampun, setelah gue dan tika yang ga berhasil, itu adek gue yang ketiga berhasil! seneng banget rasanya! katanya, SBY bakal ngadain acara reuni akbar peserta lomba seni itu di tahun 2014, semoga jadi ya, supaya kami berempat (adek gue yang ketiga kembar, kembarannya si hafiz itu, si Hanif ) bisa ngumpul semua disana juga sama satu orang lagi, temen gue, Pinka. dia temen gue waktu lomba FLS2N di Makassar, tolong gue pengen banget ketemu dia lagi! pantesan waktu di Makassar ketemu dia, kaya uda pernah liat, ternyata kami udah pertama ketemu ga sengaja gitu di Cipanas, dia ikut juga -__- jadi ada kemungkinan ketemu lagi dooongs!! waaaaa! *jingkrak jingkrak* anaknya baik banget, sopan. kalo kalian ketemu pasti deh seneng temenan sama dia! eh jangan deh yaaaa dia cuma punya akuuuuh! #plak hahaha kidding ;D tenang tenang pasti dikenalin kok.

pas banget gue ngeposting ini, lagi hangat hangatnya persiapan pernikanannya Ibas Yudhoyono dengan Aliya Rajasa, kan mereka nikahnya di Cipanas, sedih banget rasanya ngeliat di tv :( jadi inget pinka.. gimana ya kabarnya sekarang? udah lost contact. ah ya sudahlah, kita sudah memutuskan untuk menjalani hidup masing masing~ *nangis seember* seperti kata beliau, "kalo kita jodoh, pasti ketemu ga sengaja lagi kok" eaaak eaaaak aaaa pengen nangis T.T kenangan kenangan itu berputar kembali, membuatku sakit kepalaaaaa, aaaah tidaaaaak mari kita sudahi :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar